Sabtu, 09 Oktober 2010

Google merayakan ULTAH John Lennon (The Beatles)


Trus kalo kita klik gambarnya, ada vidionya gan sama reff lagu IMAGINE.

Selamat Ulang Tahun Ke-70 John Lennon (9 Oktober 1940 - 9 Oktober 2010)

Foto John Lennon yang kanan merupakan perkiraan wajahnya di usia 70 tahun yang tepat jatuh pada hari ini, sumber:kompas.com
John Lennon. Imagine. John Lennon siapa yang tidak kenal dan lagunya yang menjadi hymne perdamaian dunia tersebut. Jika tidak ditakdirkan mati karena ditembak oleh penggemarnya yang gila di New York pada tanggal 8 Desember 1980, tepat hari ini John berumur 70 tahun. Usia yang sangat matang dan tentunya karier musik yang sangat bagus. Itu seandainya.

John Lennon, The Beatles. Dua nama yang tidak terpisahkan walaupun mereka memutuskan untuk berpisaha di tahun 1970. Namun hal itu tidak mengurangi penghargaan orang, baik kepada John Lennon maupun The Beatles sendiri.

Saya yang hidup seteleh mereka bubar dan hanya mendengar sedikit saja dari karier mereka yang sukses turut urun jempol buat grup the Beatles dan John Lennon tentunya. Tidak banyak artis atau grup band yang sampai mereka sudah tidak ada masih memiliki penggemar fanatik di seluruh dunia. Lihat dan dengarkanlah, lagu-lagu mereka masih didendangkan, dinyanyikan, dilombakan. Banyak grup band yang lahir belakangan mencotoh mereka dan akhirnya sukses.

Kembali ke John Lennon yang lahir dengan nama John Winston Ono Lennon di Liverpool, Inggris, 9 Oktober 1940 adalah orang dengan tipe pemberontak sejati. Orang yang tipe anti kemapanan dan tentunya memiliki kemampuan untuk mendobrak kemapanan tersebut. Menurut wikipedia, Lennon dengan sinismenya, sedangkan Paul McCartney dengan dengan optimismenya merupakan paduan yang teramat pas dalam membentuk The Beatles sehingga menjadi grup paling sukses sepanjang kehadiran manusia di muka bumi ini.

Pada waktu sebelum kedatangan Lennon, dunia musik saat itu memang statis. Tidak ada yang namanya musik pop atau rock seperti sekarang. Lennon dan The Beatles mendobrak kondisi yang statis tersebut dengan memperkenalkan musik yang baru sama sekali yang sekarang banyak dikenal dengan sebutan musik rock. Kehadiran The Beatles merupakan tonggaj dumulainya industri musik yang tidak lagi hanya bersifat lokal, tetapi kemudian mendunia karena Lennon dan The Beatles tidak hanya terkenal di kota mereka Liverpool, tetapi juga di Amerika Serikat dan tentunya di seluruh dunia.

Namun persatuan dengan The Beatles itu harus berakhir di tahun 1970. Lennon akhirnya bersolo karier yang juga bisa disebut sukses. Lagunya, Imagine menjadi theme song tentang perdamaian dunia. Mungkin jauh di lubuk hatinya, walaupun ia orang yang sinis tetap mendambakan kedamaian bagi penduduk di muka bumi ini. Namun tragis sekali Lennon mati di tangan penggemarnya sendiri. Tentu kematian yang tiada damai.

Lennon yang beristrikan Cynthia dan Yoko Ono memiliki anak Julian dan Sean. Hidup Lennon berakhir pada tanggal 8 Desember 1980 saat ia ditembak empat kali (tembakan kelima meleset) oleh Mark David Chapman di lorong pintu masuk bangunan dimana ia menetap, The Dakota, tanggal 8 Desember 1980. Saat itu Lennon baru saja kembali dari Record Plant Studio dengan istrinya, Yoko Ono.

Meskipun sudah lama meninggal, hari kelahiran Lennon tetap diperingati oleh banyak penggemarnya di seluruh dunia. Dengan memperingatinya mungkin kita bisa melihat, betapa jauh kita dari cita-cita Lennon tentang perdamaian, betapa perdamaian itu hanya imajinasi, tidak hanya di Indoensia saat ini, tetapi juga di hampir setiap negara.

Selamat Ulang Tahun Ke-70 John Lennon, semoga tenang di alam sana. Karyamu masih dicari dan dijadikan rujukan. Kisah hidupmu masih dibaca dan diperhatikan. Kamu tak perlu berkecil hati karena mati ditembak orang gila. Segala sesuatu membutuhkan martirnya sendiri. Dan kamu adalah martir untuk kesuksesan dan kepopuleranmu sendiri.

Sekali lagi, Selamat Ulang Tahun Ke-70 John Lennon!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

No SARA, No Bad Words, No Spaming, No Flooding, No Advertise Links, No Porn Link. If you do not agree to these terms, please do not use this service or you will face consequences.

Entri Populer