Jumat, 28 Mei 2010

Manchester United Ada Karena Seekor Anjing

Siapa sih gan yang gk kenal Manchester United. Kebangetan banget kan gan kalo sampe gk tau.


Yang punya salah satu stadion paling megah di Inggris Raya gan "Old Trafford"


Pasti semua orang tau kan??

Tapi apa agan agan pada tau, kalo ternyata MU bisa ada cuma karena seekor anjing?
Yupp "Anjing"

Jadi Begini Ceritanya!

Dulu di tahun 1880an belum ada Klub SepakBola Manchester United, tapi memang sudah ada klub SepakBola lain macam Liverpool, Manchester City, Bolton Wanderers, dll. Karena emang duluNya Manchester United bernama "Newton Heath" yang belom berdomisili di Manchester

Newton Heath bukan klub raksasa seperti MU sekarang, mereka cuma klub kecil yang mondar mandir dari divisi satu ke divisi dua dijamanNya waktu itu. Bahkan untuk ngejaga kelansungan hidup klub aja mereka mati matian nyari sumbangan dana kemana mana. Saking mirisnya, pemain pemainnya kalo mau bertanding kudu ganti baju di rumah warga warga sekitar.

Nah ceritaNya bermula disaat krisis financial di Newton Heath semakin parah gan. Utang mereka numpuk sampe 2000 pound(tahun 1894, mungkin waktu itu udah gede banget kali!)
Untuk menambah pemasukan klub, mereka bikin bazar sekaligus ngumpulin sumbangan donasi.
Nah anjing yang dimaksud itu adalah anjing kepunyaan "Harry Stafford" yang gak lain adalah kapten skuad Newton Heath saat itu yang bernama "Major"

Nah si Major itu yang di tugasin keliling bazar dengan kantong di lehernya buat ngumpulin sumbangan dari pengunjung ilang. Ilang entah kemana.
Para staff Newton Heath udah nyari tu anjing plus duid hasil sumbangan (entah sebenernya yang dicari anjingnya ato duidnya) dengan berbagai cara tapi tetep gk ketemu.

Tapi entah karena kebetulan atau emang udah takdir kali ya gan. Taunya si Major itu ditemuin dan dipelihara sama anaknya seorang pemilik pabrik Bir yang kaya raya. Namanya "John Henry Davies"

UntungNya Sir Davies ini orang jujur. Karena ngeliat anaknya udah kepincut sama si Major, Sir Davies nyari pemilik si Anjing dengan maksud pengen ngebeli Major dengan cara legal.
Akhirnya mereka bisa ketemu karena Sir Davies ngenalin Lencana Newton Heath yang dipake Major sewaktu acara bazar.

Ngeliat latar belakang Sir Davies adalah seorang pengusaha yang kaya raya. Harry Stafford cuma mau ngelepas Major, dengan syarat Sir Davies bisa memberikan solusi buat masalah keuangan yang menimpa Newton Heath saat itu.

Akhirnya masuklah John Henry Davies sebagai investor baru Newton Heath yang kemudian diangkat menjadi Board Director. Dan 8 tahun setelah masukNya Sir Davies, dengan izin British Football Association, Sir Davies memindahkan markas klub dari Bank Street menuju Manchester. Yang akhirnya pada tanggal 28 April 1902 secara resmi dia mengubah nama klub dari Newton Heath menjadi seperti yang kita kenal saat ini "Manchester United FC"

Siapa yang menyangka berawal dari cerita sesederhana itu, Manchester United bisa sangat berkembang dan bahkan menjelma menjadi klub sepakbola dengan pendukung terbanyak sedunia (statistik mencatat sudah terdapat lebih dari 75.000.000 pendukung MU yang tersebar di berbagai belahan dunia).
Dan bahkan sudah menjadi salah satu Klub Sepak Bola dengan raihan trofi terbanyak di seluruh dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

No SARA, No Bad Words, No Spaming, No Flooding, No Advertise Links, No Porn Link. If you do not agree to these terms, please do not use this service or you will face consequences.

Entri Populer