Sabtu, 29 Mei 2010

Tips Redakan Nyeri Saat Melahirkan

Bagi calon bunda yang akan menghadapi persalinan pertamanya, yang terbayang kadang ketakutan akan rasa sakit saat melahirkan. namun bunda harus tahu, stress atau ketakutan akan memicu otot menegang sehingga akan menambah rasa sakit atau nyeri. untuk itu kesiapan serta rasa rileks saat menghadapi persalinan akan sangat membantu bunda. pengalaman melahirkan serta kadar rasa sakit yang dialami bunda berbeda-beda. terkadang untuk mengurangi rasa nyeri yang tak tertahankan, pilihan menggunakan obat pereda nyeri digunakan bunda. kali ini ane mau bagi2 tips meredakan nyeri saat melahirkan secara alami.

Air hangat
bunda bisa memanfaatkan air hangat dengan suhu 36-37 derajat celcius, air hangat bisa memberi efek rileks karena air hangat membantu pembuluh darah untuk melebar sehingga aliran darah menjadi lancar.

Bersalin secara aktif
persalinan seperti ini memberi kesempatan bunda untuk bergerak menemukan posisi paling nyaman menurut bunda saat persalinan. dengan posisi nyaman tentu rasa sakit akan berkurang. namun kadang hal ini sulit dilakukan karena rasa sakit yang tidak memungkinkan maupun kelelahan pada bunda.

Atur pernafasan dan relaksasi
nafas yang panjang dan pelan akan membantu bunda, serta oksigen yang ada akan membantu si kecil berjuang untuk keluar dan melihat dunia.

Akupuntur dan shiatsu
cara ini harus dilakukan oleh terapis yang benar-benar ahli. teknik ini cukup aman dan tidak memiliki efek samping pada bayi. namun reaksi tiap bunda berbeda-beda, ada yang merasa nyaman namun ada juga yang malah merasa kelelahan. perbedaan antara akupuntur dan shiatsu adalah, akupuntur menggunakan jarum untuk menusuk titik-titik tertentu, namun shiatsu tidak menggunakan alat bantu sama sekali.

Aromaterapi dan pijat
sensasi pijatan serta aromaterapi akan memberikan efek nyaman dan rileks sehingga mampu mengurangi rasa sakit yang bunda alami. apalagi jika pijatan dilakukan oleh suami yang sekaligus memberikan mental.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

No SARA, No Bad Words, No Spaming, No Flooding, No Advertise Links, No Porn Link. If you do not agree to these terms, please do not use this service or you will face consequences.

Entri Populer